Sunday, April 19, 2015

Tips Mandi Sehat Sebelum Traveling

Ilustrasi (Foto: rsudklungkung.com)
    Mandi merupakan aktivitas rutin manusia untuk kesehatan. Selain menghilangkan kotoran di tubuh, mandi juga berguna untuk kebugaran dan kesegaran tubuh. Orang yang telah mandi akan terlihat lebih fresh, percaya diri, dan bergairah. Oleh karena itulah, sangat dianjurkan mandi dua kali sehari serta memakai sabun ditambah sampo dan bahan kesehatan lainnya.

    Hampir sebagaian besar orang sebelum bepergian atau traveling mandi terlebih dahulu. Hal ini karena akan berada di muka umum, dilihat banyak orang, sehingga kalau penampilan pribadi kumal bahkan bau tentu membuat perasaan kurang percaya diri. Atau, paling menyedihkan adalah mengganggu orang lain.

    Meskipun sudah mandi kadang kala faktor cuaca dan fisik khas orang pun turut mempengaruhi tingkat kesehatan dan bau badan saat traveling. Cuaca yang panas dan kondisi tubuh yang banyak mengeluarkan minyak dan keringat sering diduga penyebab tubuh lengket, kulit kusam oleh kotoran yang menempel, mengelupas, dan timbul aroma badan tidak sedap.

    Tidak selamanya masalah di atas disebabkan karena tidak memakai deodoran, parfum,   pelembab, dan lain sebagainya. Ternyata bisa karena cara mandi yang belum benar saat akan bepergian. Berikut tips mandi sehat bagi Anda yang akan traveling:

1. Mandilah menggunakan sabun mandi batangan yang mengandung bahan 'stearic acid' dalam daftar bahannya. Bahan ini merupakan pelembab yang sangat bermanfaat bagi kulit. Jangan tergoda oleh brand seperti sabun antibakteri dan antibau yang ternyata justru mengeringkan kulit.

2. Jangan mandi menggunakan air terlalu panas dan mandi yang terlalu lama, karena justru akan mengakibatkan kandungan minyak alami dan lemak di kulit cepat hilang. Padahal zat alami tubuh inilah yang banyak berperan untuk menyerap air dan membuat kulit tetap lembab meskipun cuaca panas.

3. Apabila Anda akan traveling jauh dan cuaca diprediksi panas, jangan sungkan memakai conditioner untuk kesehatan rambut Anda. Pakailah conditioner ke seluruh bagian kepala mulai dari akar hingga ujung rambut. Conditioner berguna untuk menghidrasi kulit sehingga mencegah rasa gatal dan pengelupasan.

4. Jangan menggosok tubuh terlalu keras saat mandi. Tak jarang orang memakai spons yang kasar untuk menggosok tubuh ketika mandi. Pakailah kain untuk mandi berbahan katun lembut, yang biasanya dipakai untuk bayi, sehingga tidak menghilangkan pelindung alami kulit tubuh. Sebenarnya menggosok menggunakan tangan saja sudah cukup.

5. Bilas bersih tubuh ketika mandi. Pastikan semua bahan dari produk sabun dan sampo sudah hilang. Bahan-bahan yang tertinggal bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi kulit dan jerawat.

6. Apabila Anda akan memakai atau menambahkan
body lotion di kulit Anda, pakailah segera seusai mengeringkan tubuh memakai handuk. Lotion akan cepat meresap ke dalam kulit ketika sedikit lembab.

    Itulah beberapa tips yang bermanfaat untuk mandi sehat sebelum Anda akan traveling. Semoga Anda tetap bugar dan segar saat traveling, terhindar dari iritasi kulit, pengelupasan, kulit kusam, atau bau badan menyengat. Tetap ingat mandi sebelum traveling ya..:)


Baca juga:
Lima Benda Antik Peninggalan KAA 1955
Hotel Dekat Unsoed di Purwokerto, Horison Ultima
Hotel Namira Syariah Pekalongan, Pilihan Para Muslimin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment