Monday, March 16, 2015

Kebaikan-Kebaikan Solo Traveling bagi Perempuan

Ilustrasi (yukpegi.com)
    Perempuan bepergian sendiri, kenapa tidak? Anggapan bahwa perempuan hanya tahu rumah, dapur, dan kasur sudah seharusnya ditepis. Oleh karena hal tersebut merupakan konstruksi sosial dan budaya feodal yang terbelakang. Bagi perempuan harus berpikir outbox di tengah perjuangan kesetaraan gender dan persamaan hak-hak demokratis seluruh manusia tanpa peduli jenis kelamin. Jadi, bepergian sendiri (solo traveling) ke suatu tempat-tempat di dunia merupakan hak perempuan, wujud kebebasan, dan pastinya akan peroleh kebaikan-kebaikan masa depan.

    Pada kesempatan kali ini akan dibahas kebaikan-kebaikan apa saja dari solo traveling bagi perempuan. Pandangan sosial dan budaya bahwa perempuan 'tidak pantas' atau 'tidak patut' bepergian sendiri harus dienyahkan/dibuang. Nah, sobat travelers perempuan, yang hobi traveling, apa saja kebaikan yang didapatkan andaikata kalian melakukan solo traveling, simak berikut ini:

1. Menghilangkan Penilaian Diri Anda

    Bagi masyarakat kita yang masih kental dengan budaya dan cara berpikir patriarkhis, melihat Anda  bepergian sendiri barangkali sesuatu yang tidak pantas. Parahnya lagi bila sampai muncul anggapan bahwa Anda perempuan tidak benar atau nakal. Stereotip ini akan hilang dengan sendirinya dengan Anda semakin banyak melakukan solo traveling. Masyarakat akan melihat Anda sebagai perempuan berbeda dan pemberani saat mengetahui apa yang Anda lakukan. Dengan solo traveling, Anda pun akan terbebas dari penilaian-penilaian atas diri Anda.

2. Eksplorasi Kekurangan Anda

    Ya, akan berbeda, perempuan yang tiap saat berada di bawah 'ketiak' laki-laki dengan perempuan yang berani solo traveling. Perempuan yang melakukan solo traveling, jiwanya akan cenderung mengeksplorasi dan menilai kekurangan atas dirinya sendiri, tidak bergantung pada anggapan orang lain, dia (baca: perempuan) akan leluasa mencari, mengeksplorasi, dan merenungi segala kekurangan kepribadian sosialnya dan berusaha menerimanya. Inilah perjalanan kebebasan bagi seorang perempuan mandiri.

3. Menemukan Diri Anda

    Semua perenungan dan eksplorasi atas diri Anda ketika dalam suatu perjalanan melihat banyak hal seperti pemandangan, jalan, hutan, gunung, sungai, laut, dan sebagainya  secara perlahan membantu menemukan siapa sesungguhnya Anda. Bukan berarti segala masalah yang ada dalam diri Anda akan hilang seketika saat melihat pemandangan, tetapi Anda akan melihat cara pandang baru mengenai diri Anda termasuk kejiwaan, emosi, dan mental Anda. Setidaknya Anda telah memulai melakukan proses menemukan diri Anda daripada tidak sama sekali dan hidup hanya dihabiskan menurut cara pandang laki-laki.

4. Memungut Banyak Inspirasi

    Sudah saatnya dunia dibangun tidak hanya menurut cara pandang laki-laki, tetapi oleh inspirasi dan cara pandang perempuan juga. Solo traveling banyak membantu seorang perempuan menemukan banyak inspirasi yang sangat berguna untuk kehidupan Anda, keluarga, masyarakat, dan dunia. Kisah-kisah inspiratif dari tokoh perempuan telah mulai menghiasi dunia yang memberikan banyak solusi atas permasalahan alam, manusia, dan makhluk hidup lain. Apakah Anda akan jadi bagian inspirasi itu? Nile Cappelo, seorang perempuan solo traveling dan penulis dari Amerika Serikat mengatakan "tidak ada tempat yang lebuh baik untuk menemukan inspirasi selain di jalan".

5. Pengendalian Diri

    Solo traveling akan memberikan kebaikan kepada Anda yang kecanduan atau menggilai belanja (shopaholic). Solo traveling akan mengajarkan Anda secara pelan-pelan melupakan dan mengobati kecanduan Anda berbelanja karena Anda akan menemukan tantangan dan suasana baru. Perhatian dan mental Anda akan teralihkan kepada situasi dan hal-hal yang lebih menakjubkan bahkan 'gila'. Selain itu, solo traveling bisa mengendalikan diri dari ketergantungan teknologi karena ada kalanya di saat-saat sendiri di suatu tempat, teknologi benar-benar tidak dibutuhkan.

   
    Sobat travelers perempuan, bagaimana, apakah Anda tertantang melakukan solo traveling setelah mengetahui kebaikan-kebaikannya? Mungkin itu hanya beberapa saja, Anda akan mendapatkan kebaikan-kebaikan lebih lagi kalau melakukannya sendiri. Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Raih impian dan kebebasanmu, wujudkan kesetaraan. For Soul and For Life. Selamat Hari Perempuan Internasional yang telah diperingati 8 Maret lalu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment