Thursday, February 12, 2015

Cara Keliling Dunia Tanpa Keluar Duit

Ilustrasi (kuliahkapalpesiar.com)
     Mengunjungi negara-negara dengan segala pesona keunikannya barang kali menjadi dambaan setiap orang yang berjiwa petualang. Namun, hidup di negara Indonesia, dengan nilai rupiah yang terus 'anjlok' terhadap dolar, menikmati perjalanan keliling dunia hanya terbatas pada kalangan elit. Ya, milyader lah..hehe. Buat kalangan orang biasa (kelas menengah), perjalanan ke beberapa negara di dunia, masih berupa impian. Kalau pun sanggup paling banter pergi ke Singapore dengan terlebih dahulu searching berjam-jam cari tiket promo. Hayo ngaku..hehe..just fun.

    Berbeda halnya dengan masyarakat dengan perekonomian maju dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, pergi ke beberapa negara dalam jangka waktu tertentu merupakan hal biasa. Sekelas sopir taksi di New York lumrah bisa jadi turis ke beberapa negara. Pelayan cafe di London sekali waktu bisa berlibur ke beberapa negara. Nah, kalau di Indonesia? Ya, bisa jawab sendirilah. Oleh karena itu, kemampuan seseorang melakukan traveling ke luar negeri sangat dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan perekonomian dan pendapatan per kapita negara tersebut.

    Traveling ke luar negeri, menjelajahi dunia asing, merupakan aktivitas yang menantang dan sumber pengalaman. Memungkinkan kita bertemu orang baru, alam, dan fenomena lainnya di antara perbedaan kebudayaan dan kenampakkan geografis. Jiwa dan pikiran kita menjadi kaya: inspirasi dan kesegaran batin. Sayangnya, traveling ke luar negeri membutuhkan pasokan dana yang lumayan besar untuk ukuran ekonomi Indonesia.

    So, jangan putus asa, impian akan menemukan jalannya sendiri untuk mewujud jadi kenyataan. Di era globalisasi dan keterbukaan, cari-cari peluang untuk berkeliling dunia tanpa keluar duit alias gratis sangatlah mungkin. Mau? Berikut ini cara-cara yang dapat digunakan untuk berkeliling dunia tanpa harus keluar duit versi Kewisata.com:

1. Jadi Voulenteer PBB

    Sobat travelers tentu mengenal organisasi besar untuk perdamaian dunia, PBB, bukan? PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) memiliki lembaga-lembaga khusus yang menaungi bidang-bidang kemanusiaan di dunia, seperti UNESCO (untuk pendidikan dan kebudayaan), UNICEF (untuk anak-anak), FAO (untuk pangan dan pertanian), WHO (untuk kesehatan), ILO (untuk perburuhan) dan lainnya. Kayak pelajaran anak SMP..hehe.

    Masing-masing lembaga khusus itu, setiap tahunnya membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi di dunia untuk turut jadi voulenteer (tenaga bantu) pelaksanaan program-program dari lembaga khusus PBB di berbagai negara anggota. Apabila sobat terpilih karena pintar dan oke english-nya, sobat akan ditugaskan di negara-negara di dunia yang jadi target. Di dalam beberapa tahun, sobat bisa keliling dunia, mengunjungi beberapa negara, selain sobat mengemban tugas kemanusiaan dan dapat gaji. Traveling sobat benar-benar gratis.

2. Jadi Kru Kapal Pesiar

      Ini sering jadi idaman banyak orang. Selain konon gajinya tinggi (standar dolar), jadi kru di sebuah kapal pesiar dengan job desk tertentu memperbesar kemungkinan mimpi keliling dunia jadi kenyataan. Istilahnya sobat 'bonceng' para tuan dan nyonya milyuner yang sedang menghabiskan duit dengan kemewahan di atas kapal pesiar untuk traveling lintas negara..hehe. 

      'Bonceng' teman di atas jok motor tidak dapat uang, tetapi 'bonceng' tuan dan nyonya elit di kapal pesiar, selain dapat gaji dolar dan tunjangan lainnya, juga bisa turut keliling dunia. Weh,weh..mantap pisan (sekali, red)). Siapkan diri sobat bila ingin jadi kru kapal pesiar, belajar yang tekun, dan masuklah ke lembaga-lembaga pendidikan pelayaran terpercaya dan menjamin sobat untuk berkarir di kapal pesiar. Tidak sedikit sekolah 'abal-abal' atau pelatihan yang menjanjikan bekerja di kapal pesiar bermunculan, tetapi faktanya omong kosong, setelah uang habis untuk bayar pendidikan dan pelatihan, siswa dibiarkan nganggur. Hati-hati ya sobat..pandai-pandai cari informasi.

3. Jadi Tour Guide

 
    Pekerjaan menjadi tour guide termasuk sarana untuk dapat berkeliling dunia secara gratis. Asalkan perusahaan tour terkait menyediakan aneka paket traveling ke beberapa negara di dunia. Jadi, cari perusahaan tour dan travel yang besar dan bonafit ya..hehe. 

      Dari beberapa orang yang bekerja jadi tour guide, konon pekerjaan ini sangat melelahkan dan butuh kesabaran. Bayangkan saja mendampingi orang yang tidak sedikit untuk sebuah perjalanan, menjawab setiap pertanyaan, membuat asik mereka, dan menemani sepanjang hari. 

     Akan tetapi, sisi menyenangkannya adalah sobat bisa bepergian ke berbagai dunia tujuan secara gratis, malah sobat dapat gaji lagi..hehe, asikk..

4. Jadi Anggota NGO Internasional

     NGO, kepanjangannya Non Goverment Organization; di Indonesia sering disebut LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), juga ruang untuk memperbesar kemungkinan mimpi keliling dunia sobat secara gratis jadi kenyataan. Sobat pun malah dibayar. Hal ini karena sering diadakan pertemuan-pertemuan internasional di suatu negara. Biasanya masing-masing cabang NGO di suatu negara akan mengirimkan beberapa delegasinya.

    Pertemuan-pertemuan itu dapat sobat gunakan untuk traveling, pastinya setelah acara pertemuan selesai, dan panitia menjadwalkan acara khusus liburan. Sobat dapat bertemu delegasi-delegasi dari negara lain dan sangat banyak memberikan pengalaman, sharing pengetahuan dan membuat momen kenangan. Joss sekali, bukan? hehe..Apalagi NGO Internasional kini sudah banyak berdiri dan membuka kantornya di banyak negara. Sobat tinggal cari saja, tiap tahunnya mengadakan rekruitmen secara online, dan persiapkan sebaik mungkin diri sobat..

5. Dapat Full Scolarship di Universitas Luar Negeri

     Saat ini, Full Scolarship atau "Beasiswa Penuh" banyak ditawarkan oleh berbagai sponsor dan universitas luar negeri. Syaratnya memang mesti pintar dan sanggup lolos dalam seleksi yang ketat. "Beasiswa Penuh" merupakan jenis beasiswa yang menjamin keseluruhan kebutuhan penerima beasiswa mulai dari berangkat, kebutuhan hidup selama kuliah, tempat tinggal, tunjangan, dan lainnya. Pokoknya mahasiswa penerima beasiswa Full Scolarship cuma bawa badan saja. Semua dijamin. Malah dari beberapa pengalaman yang pernah menikmati beasiswa ini, uang beasiswanya sering sisa lebih, dan dapat digunakan untuk traveling. Misal, kuliah di Inggris, sekali waktu ketika liburan, dapat mengunjungi Perancis, Italia, Belgia dan lainnya dengan sisa uang beasiswanya. Mantap sekali ya, dapat ilmu pengetahuan dan gelar, juga dapat traveling gratis ke berbagai negara.

    Cara-cara keliling dunia tanpa keluar duit di atas, butuh persiapan matang dan kecerdasan, utumanya skill Bahasa Inggris. Jangan malas belajar Bahasa Inggris, kalau ingin keliling dunia dengan gratis..hehe. Mungkin sobat travelers punya cara-cara lain. Terus belajar dan bermimpi ya...Semoga artikel ini bermanfaat. For Soul and For Traveling...

Baca juga:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment