Wednesday, December 31, 2014

Gunung di Jawa Tengah yang Terdapat "Pasar Setan"

Ilustrasi

     Bagi para pendaki sering mendengar misteri adanya "Pasar Setan" ketika mendaki suatu gunung di Jawa Tengah. "Pasar Setan" itu sendiri tidak nampak seperti halnya pasar pada umumnya. Akan tetapi, dari pengalaman para pendaki, termasuk penulis sendiri, pernah mendengar aktivitas 'pasar' di atas gunung. Aneh 'kan? Kok, ada 'pasar' di atas gunung. Wujud riil-nya memang tidak bisa terlihat, tapi penulis mendengar adanya keramaian seperti pasar. Ini sangat menantang bagi yang berani, sebaliknya menakutkan bagi yang penakut.

    Tentang "Pasar Setan" ini sering diberi tahu oleh juru kunci gunung sebelum berangkat pendakian. Kita, para pendaki, jika menemui "Pasar Setan" dalam perjalanan disarankan untuk tetap tenang, hormat, tidak sembrono, minta izin lewat, dan berdoa. Tidak semua pendaki mengalami atau menemui adanya "Pasar Setan", sehingga mungkin ada yang tidak percaya soal ini. Sebab, sifatnya sangat kebetulan.

    Ini gunung-gunung di Jawa Tengah yang memiliki mitos "Pasar Setan":

1. Gunung Slamet

    Keberadaan "Pasar Setan" di Gunung Slamet sangat dikenal bahkan oleh masyarakat sekitar. Penulis sendiri mengalami gairah adanya 'Pasar' di Gunung Slamet. Itu terjadi sebelum masuk ke pos 7 atau pelawangan.  Ada orang-orang mengobrol, menawar, teriak, suasananya sangat ramai dan gaduh persis pasar sesungguhnya. Namun, tidak ada orang satu pun terlihat, cuma penulis dan teman-teman. Kami waktu itu tetap tenang sebagimana saran juru kunci atau orang-orang yang pernah mengalaminya. Pikiran kita jangan sampai kosong. Konon, jika kita masuk ke alam mereka, yakni "Pasar Setan" tadi, kita tidak bisa pulang alias nyasar entah kemana. Fenomena ini dialami pendaki dengan tempat dan waktu yang berbeda-beda. Bagi pendaki jalur Bambangan, barangkali pernah melihat pohon 2 besar bagaikan pintu gerbang, di situlah katanya pintu masuknya.

2. Gunung Merbabu


Misteri "Pasar Setan" juga terjadi di Gunung Merbabu. Penulis sendiri ketika mendaki Gunung Merbabu tidak menemuinya. Akan tetapi, sebagian besar pendaki katanya pernah mengalami situasi gaib keramaian orang seperti di pasar. Hal ini diperkuat oleh sebuah tulisan di situs Merbabu.com bahwa aktivitas "Pasar Setan" di Gunung Merbabu memang benar terjadi seperti halnya di Gunung Slamet. Nama pasar itu disebut Pasar Bubrah. Konon, di sini tempat makhluk halus berkumpul, gerbangnya ada di Watu Gubug Gunung Merbabu.

3. Gunung Sumbing

 
    Gunung Sumbing termasuk gunung yang memiliki misteri "Pasar Setan". Penulis pernah mendaki gunung ini, meski tidak menemui pasar setan, tetapi penulis mengalami peristiwa aneh ketika tiba-tiba penulis jatuh tertidur saat duduk beristirahat. Sewaktu bangun, penuh kabut gelap, jarak pandang sangat pendek, sementara teman-teman penulis sudah berada di atas mendaki jalur terjal dan penuh pasir. "Pasar Setan" Gunung Sumbing dikenal sebagai Pasar Watu.  Konon, letaknya di jalur yang terjal dan berpasir ini,  tempat saya mengalami kejadian aneh. Jika kemarau, pasir dan debu beterbangan, sebaliknya musim hujan jalur sangat licin. Menurut cerita, sering ada orang di situ berlari-lari turun-naik gunung, dan sosok kakek tua. Jalur ini adalah jalur sebelum mencapai Batu Kotak.

    Selain gunung-gunung di atas, kabarnya Gunung Merapi juga mempunyai misteri "Pasar Setan". Semoga sobat travelers yang suka berpetualangan mendaki gunung selalu menghormati alam lain. Meskipun sebagian orang mungkin tidak percaya terhadap cerita-cerita tadi, tetapi percayalah bahwa Tuhan menciptakan makhluk selain manusia. Sobat boleh percaya atau tidak. 

    Tetap berperilaku santun di atas gunung. Tidak lupa jaga kelestarian alam. For Soul and For Life..

(Baca Juga: Tahun Baru, Jalan-Jalan di Bandung)
Comments
21 Comments

21 comments:

  1. gunung sumbing, merbabu dan gunung slamet ada pasar setannya ya, bisa dagang Ubi madu Cilembu Sumedang dong saya ya?

    ReplyDelete
  2. wkwk..bisa bro, coba gabung di sana, siapa tau laris manis..hehe

    ReplyDelete
  3. Di lawu perasaan juga ada... Pasar dieng namanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia d lawu juga ada pasar setan, sy kira salah satunya lawu, taunya ga ada :D

      Delete
    2. iya, thanks tmbahan infonya..lawu emang terkenal banyak mistisnya, aku sih blm prnah mendaki lawu, cm denger, tp bkn aktivitas 'pasar setan'..

      Delete
    3. Ak udh mendaki lawu...juru kunci ga prnh bahas2 pasar setan tuch

      Delete
  4. Sindoro pun ada pasar setannya. Kami pernah terjebak disana berputar2 selama 2 hari tgl 6 mlm sd 8 Februari tahun 1993. Sehingga melibatkan tim SAR utk mengevakuasi kami, dan bbrp koran Jawa Tengah pun ikut meliput. Aneh tapi nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir aku ke sindoro lewat jalur Tambi, yg ku rasakan mistisnya ialah orang manggil-manggil (sangat keras dn jls) wktu aku turun, pas ku tanya ke temanku, dia jwb gak manggil..ak memang gk dengr adanya 'pasar setan' di situ..cm sblm berangkat juru kuncinya kasih tau, kalo ada 'orang' di atas (maksdnya mhluk halus) ngajak jalan didiamkan sj, jngan pedulikan..semoga pengalamanmu itu jd pembelajaran ya sob..

      Delete
  5. Yang enak pasar baru bro. Belanja sepatu

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya bukan pasar setan melainkan pasar jin..banyak kumpulan jin2 tua dan muda seperti manusia .jin2lah yg membangun candi2 seperti borobudur terkenal dengan warisan sejarah indonesia

    ReplyDelete
  7. emangnya semua barang yang dijual rasanya pedas banget ya gan

    ReplyDelete
  8. Buset dah!! Bikin parno yak...
    Tp percaya ga percaya sih..
    Hal2 macem kyk gt mah emang ada..
    Tergantung masing2 individu yg ngalamin/ngerasain juga

    ReplyDelete
  9. Tuh yg mau ikut dagang naek bareng kita" yg komen dong, siapa tau aja jd pedagang tetap disana..

    ReplyDelete
  10. Bisa "YA" bisa "TIDAK" tapi lbh baik berlaku santun dmanapun berada ...

    ReplyDelete
  11. kenapa ada pasar digunung, ??? itu yg jd pertanyaan nya kan mas?
    dahulu kala, di pulau jawa ada pertapa sakti bertarung dg bangsa ghaib dan bertarung demi berrebut wilayah. entah menang atau kalah.. akhirnya terjadi kesepakatan. bangsa manusia menduduki wilayah dataran rendah, sdgkan bagsa ghaib menduduki wilayah dataran tinggi. bgt perjanjiannya hingga sekarang. cerita ini aq dpt dari temannq yg mmbaca slh satu buku sejarah jawa.

    ReplyDelete
  12. Pasar bubrah adanya di gunung merapi min, bukan dimerbabu

    ReplyDelete
  13. Dulu sewaktu sering mebdaki G. Gede, Salak dan Merbabu memang sering merasakan suasana lain menjelang mencapai puncak gunung, biasanya saya berdoa. Tapi baru sekarang mendengar istilah pasar setan.
    Pak Indra Ashura boleh tanya buku sejarah jawa untuk refensi ini? Saya pernah baca sejarah Majapahit, itu banyak sekali high spiritualnya. Banyak cerita gaib nya.

    ReplyDelete